Friday, July 10, 2015

Menampilkan data dari beberapa Sheet di Excel tanpa VBA

Assalamualaikum

Menampilkan data dari beberapa Sheet di Excel tanpa VBA, bagi yang sudah biasa dengan excel pasti langsung kepikiran dengan rumus Vlookup, HLookup, Index-Match, atau Offset-Match. Baiklah sekarang kita Siapkan saja file yang berisi beberapa sheet yang didalam setiap sheet terdapat data tabel dengan isi terdiri dari keyword-keyword yang sama, misalnya Nomor Induk Siswa (NIS), NIP, atau kode Barang dan sebagainya.
nah untuk mengolah file tersebut ke sheet laporan karena biasanya dalam sebuah file yang banyak data dan sheet terdapat satu sheet untuk di laporkan hasilnya.

seperti FlowChart berikut :



Setiap tabel yang kita miliki di setiap sheet sebaiknya kita beri nama dengan Name manager agar lebih mudah pemanggilannya tidak perlu lagi bolak-bolik sheet untuk blok tabel, misalnya tabel_data, tabel_kinerja, tabel_Gaji dsb

di sheet laporan kita bisa mengandalkan beberapa rumus untuk eksekusi ke sheet/tabel yang dikehendaki, dalam file sampel kita menggunakan Function CHOOSE sebagai eksekutor pemilih tabel.
Gambaran rumus CHOOSE adalah memilih sesuai perintah urutan :
 syntax : CHOOSE(pilih urutan, Pilihan1, pilihan2, .....dst)

dalam file sampel terdapat tabel Value_01, Value_02, Value_03, dan Cell E2 sebagai index pilihan jadi rumus kita tuliskan : CHOOSE(E2,Value_01,Value_02,Value_03)

untuk eksekusi kita memakai Vlookup sebagai pemanggil data tunggal yang di bungkus dalam name manager (R_Nama dan R_Value).

Properti lain dalam file lampiran adalah Conditional Formatting custom yang mengubah angka ke text seperti pada pilihan Halaman.

Untuk lebih jelasnya silahkan download file di bawah
Download File Disini

Untuk kendala silahkan hubungi KJ dan mari sama-sama belajar, karena artikel ini dibuat agar jika suatu saat kita lupa kita bisa membaca kembali :)

Salam KJ,

Untuk Artikel lain silahkan tekan tombol Home dibawah

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites