Thursday, May 14, 2015

Penggunaan rumus IF di Microsoft Excel

Rumus IF (artinya = jika) digunakan untuk menampilkan hasil dari pilihan keadaan yang kita harapkan, misalnya dalam penentuan kriteria lulus dan tidak lulus


syntax rumusnya atau cara penulisan rumus :
                        =IF(logika pernyataannilai keadaan jika benar, nilai keadaan jika salah)

contoh kasus : siswa yang memiliki nilai rata-rata 80 keatas dinyatakan lulus
                        untuk kasus ini kita bisa menuliskan 
                       =IF(nilai siswa 80 keatas,lulus,tidak lulus) ===> Deskripsi penulisan
                       untuk penulisan di dalam lembar kerja dapat dilihat pada gambar berikut
contoh file dapat anda download disini

bagaimana jika lebih dari 2 pilihan logika???
contoh kasus : siswa yang memiliki nilai rata-rata 80 keatas dinyatakan lulus,
                        siswa yang memiliki nilai antara 65 sampai dengan 79 mengikuti pengulangan
                        siswa yang memiliki nilai dibawah 65 dinyatakan tidak lulus

penyelesaiannya dengan menambahkan IF kedua di susunan rumus IF pertama
syntax rumusnya atau cara penulisan rumus :
=IF(logika pernyataannilai keadaan jika benar,IF(logika pernyataannilai keadaan jika benar, nilai keadaan jika salah))

penerapan :
2 kriteria = 1 IF
3 kriteria = 2 IF
4 kriteria = 3 IF 
dst

sekian artikel untuk Function IF di Microsoft Excel semoga bermanfaat.
silahkan beri komentar lebih lanjut untuk saling bertukar pikiran.
Salam KJ

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites